5 Cara Memelihara Ayam Petelur Di Rumah Untuk Pemula

5 Cara Memelihara Ayam Petelur Di Rumah Untuk Pemula

Cara memelihara ayam petelur di rumah tentunya dapat dipastikan akan berbeda dengan Budidaya Ayam Pedaging mulai dari pemilihan bibit dari ayam itu sendiri sampai dengan pemeliharaannya sudah di pastikan akan berbeda. Dalam hal ini budidaya ayam petelur sangat bisa dikerjakan di mana saja asalkan di daerah yang akan kita jadikan tempat pembudidaya ayam petelur mempunyai potensial untuk menjual hasil telur dengan harga yang tinggi, Ayam petelur juga mempunyai banyak jenisnya.

Dalam budidaya ayam petelur , untuk menghasilkan telur yang mempunyai kualitas terbaik tentunya harus di dukung dengan bibit dan pola pemberian pakan yang terbaik juga. Tidak lupa juga komposisi makanan dan juga perawatan yang kita berikan setiap hari akan mempengaruhi akan hasil dari kualitas telur si ayam petelur ini.

Mengingat permintaan dari pasar yang terus meluas dan terus bertambah membuat beberapa pembudidaya yang sudah mulai lama sedikit kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar. Oleh sebab itu, kita bisa ambil kesimpulan bahwa peluang dalam membudidayakan ayam petelur sangatlah besar terlepas dari bagaimana cara kita membudidayakan ayam petelur agar menghasilkan telur yang berkualitas unggul.

Meskipun peluang usaha ayam petelur ini menguntungkan, tetapi beberapa orang enggan untuk meneruskan dalam usaha membudidayakan ayam petelur karena modal awal yang harus dikeluarkan memang lumayan besar dan butuh waktu yang tidak sebentar dalam melakukan perawatan agar ayam petelur bisa memproduksi telur dengan kualitas unggul.

Tetapi hal itu sebetulnya bisa di siasati dengan berbagai cara agar kita bisa membudidayakan ayam petelur. salah satu cara membudidayakan ayam petelur dengan modal sedikti adalah dengan membudidayakan ayam petelur dirumah dalam skala atau jumlah kecil yang akan terus berlanjut yang akhirnya akan membesar dan terus besar dengan bertambahnya keahlihan kita mengolah dan merawat ayam petelur.

berikut ini adalah beberapa cara memelihara ayam petelur di rumah yang bisa di praktekan.

1. Persiapan Bibit Ayam Petelur

Hal yang paling utama ketika akan membudidayakan ayam petelur adalah dengan mempersiapkan bibit ayam petelurnya terlebih dahulu. bibit ayam petelur yang kita cari ini adalah bibit unggul yang memang di khususkan untuk ayam jenis petelur.

Dipasaran kini terdapat 2 jenis ayam petelur yaitu ayam jenis petelur yang gemuk dan juga berat atau lebih sering disebut ayam Medium dan yang kedua adalah ayam jenis petelur putih. ke 2 jenis di atas pada umumnya dapat memenuhi produksi telur hingga 300 butir pertahunnya yang dimana jumlah itu adalah jumlah standart yang memang ayam petelur bisa hasilkan. Meski dalam beberapa kondisi dan beberapa jenis bisa memproduksi bisa lebih dari jumlah itu.

Sedangkan untuk ayam jenis Putih biasanya mempunyai bobot yang lebih ringan karena bentuk badannya lebih kurus sebagai salah satu jenis ayam petelur tentu saja ayam jenis putih mampu menghasilkan telur yang lumayan banyak apabila di bandingkan dengan ayam pedaging. Tetapi ayam jenis ini sangat sensitif dengan keributan. ayam ini lebih mudah kaget dan stress sehingga produksinya telurnya tidak akan stabil dan cenderung sering menurun apabila kita tidak menempatkannya di tempat yang sunyi dan asri.

setelah kita mengetahui 2 jenis ayam petelur yang unggul, langkah selanjutnya adalah mengetahui beberapa hal penting dalam pemilihan bibit ayam petelur yang mampu memproduksi telur yang banyak.

Beberapa hal penting yang harus di cari adalah :

  • Pilihlah bibit yang sehat dan tidak memiliki cacat fisik. jadi telitilah sebelum memilih bibitan ayam petelur
  • Apabila ingin memelihara dari kecil maka pilih yang pertumbuhan dan perkembangan normal atau stabil.
  • Selalu pilih ayam petelur yang berasal dari bibit yang unggul dan tentunya juga produktif.

2. Mempersiapkan Kandang

Langkah selanjutnya ketika kita sudah memilih bibit ayam petelur yang memang unggul dan produksi, adalah mempersiapkan kandang dan lahan bagi ayam petelur. Untuk langkah awal adalah menentukan lokasi untuk budidaya. lokasi yang baik untuk beternak ayam petelur adalah yang beriklim kandang yg cocok berkisar antara 32,2–35 C, dengan kelembaban antara 60–70%.

Jangan lupa juga penerangan atau jika di perlukan pemanasan kandang sesuai dengan kebutuhan. Bukan cuma itu atur juga tata letak kandang agar mendapat sinar matahari pagi dan juga tidak melawan arah mata angin dan juga pengaturan sirkulasi udara yang baik.

Untuk bagian bawahnya, usahakan di atas tanah yang datar jangan membuat kandang di lahan yang permukaan berbukit atau tidak datar ( terasering ). Selain itu juga untuk lokasi secara menyeluruh kandang di simpan di dalam sebuah rumah rumahan dengan sistem terbuka agar hembusan angin cukup memberikan kesegaran di dalam kandang dan sirkulasi udara lancar.

Dan untuk kontruksi kandang tidaklah harus dengan material yang terlalu mahal, cukup dengan material yang kuat, bersih & tahan lama. jangan lupa juga untuk sediakan beberapa perlengkapan seperti tempat pakan, tempat minum, tempat air, tempat ransum, tempat obat-obatan apabila ada ayam yang sakit. Setelah ayam petelur di pindahkan dan mulai melakukan perawatan agar ayam mudah bertelur adalah dengan menjaga kebersihan dari kandangnya sendiri. dengan kondisi kandang yang bersih sudah pasti ayam dan kualitas telur pun akan menjadi unggulan dengan nilai jual yang terbaik juga.

Alas lantai/litter harus dlm keadaan kering, maka pastikan tidak ada atap yg bocor & air hujan tdk ada yg masuk walau angin kencang. Tebal litter kurang/lebih setinggi 10 cm, bahan litter sendiri dipakai campuran dari kulit padi/sekam dgn sedikit kapur & pasir secukupnya, atau hasi serutan kayu dgn panjang antara 4–5 cm utk pengganti kulit padi/sekam.

Penempatan tempat bertelur agar mudah dalam mengambil telur & kulit telur agar tdk kotor, dpt dibuatkan kotak ukuran 35 x 35 x 45 cm yg cukup utk 4–5 ekor ayam. Kotak diletakkan didinding kandang dengan lebih tinggi dari tempat bertengger, penempatannya agar mudah pengambilan telur dari luar sehingga telur tdk pecah & terinjak-injak serta dimakan. Dasar tempat bertelur dibuat miring dari kawat hingga telur langsung ke luar sarang/kandang setelah bertelur & dibuat lubang yg lebih besar dari besar telur pada dasar sarang.

3. Pakan Ayam Petelur

Setelah persiapan kandang sudah jadi dan segalanya sudah siap selanjutnya kita beralih ke bagian pakan ayam petelur. pakan ayam petelur sendiri merupakan salah satu point terpenting dalam beternak ayam petelur.

Kemudian, hasil bagus atau tidaknya dari ayam petelur itu sendiri tergantung apa yang si ayam itu makan. Berarti, pakan adalah faktor yang wajib di perhatikan secara intensif dan detail. jenis pakan ayam petelur bisa berupa campuran jagung yang sudah di giling haus , sentrat , tepung ikan , dan campuran beberapa jenis pakan ayam petelur pabrikan ( pur ).

Selain jenis dan kandungan bahan yang di dalamnya , jangka waktu dan rutinitas kapan harus di berikan makan juga merupakan yang harus dapat perhatian tersendiri dalam beternak ayam petelur. Berikan pakan 3 kali sehari, dan juga isi tempat minumnya jangan sampai kosong.

Apabila anda mempunyai mesin gilingan jagung atau ada tetangga anda yang mempunyai mesin penggiling jagung, secara tidak langsung cara ini akan meringankan biaya awal yang di keluarkan untuk membeli pakan ayam petelur dari jagung halus . Dalam pemberian pakannya pun lebih utamakan takaran yang sesuai kebutuhan.

Jangan sampai memberikan pakan terlalu banyak yang akan membuat stok makan cepat berkurang dan menambah budget untuk pembelian makannnya lagi. jangan lupa untuk terus merawatnya dengan memberikan pakan dengan nutrisi yang berkualitas baik agar hasil dari telurnya pun ikut baik.

4. Pemberian Nutrisi Dan Vitamin

Selain memberikan makanan pokok secara rutin dan baik . pemberian nutrusi dan vitamin juga sangatlah penting agar ayam tetap terjaga kesehatannya. pemberian nutrisi dan vitamin bisa berupa obat-obatan yang di campurkan dengan pakan ayam yang akan membuat ayam lebih sehat dan lebih produktif. untuk jenis vitamin yang di pakai bisa membeli beberapa vitamin yang khusu untuk merangsang ayam petelur menghasilkan telur berkualitas.

Tempat pembelianpun di cari saja di beberapa tempat yang memang sudah terkenal menjual vitamin ayam petelur dan juga merk pakan yang terkenal jangan beli asal murah. jangka waktu dan kapan kita memberikan vitamin dan nutrisi tambahan bagi hewan ternak  bisa sampai 1 bulan sekali atau malah lebih pendek sekitar 2 minggu sekali. Hal itu akan tergantung dari tingkat keadaan si ayam petelur tersebut dalam menghasilkan telur.

5. Vaksinisasi / Sistem Imun

Hal yang penting paling akhir yang harus kita lakukan dalam budidaya ayam petelur di rumah adalah dengan memberikan vaksinisasi atau sistem imun pada ayam. dalam pemberian vaksinisasi alangkah baiknya disarankan untuk di lakukan para ahli agar pemberian vitamin lebih cepat dan lebih tepat.

tinjau selalu kondisi ayam kita dalam berbagai hal termasuk kesehatan. Apabila ada salah satu dari ayam yang kita ternak mempunyai indikasi terkena serangan virus ataupun penyakit. Bisa saja kita pisahkan dahulu ayam petelur yang terjangkit virus atau penyakit dari ayam petelur lainnya. Hal ini karena ditakutkan penyakit pada ayam tersebut akan menyebar dan memapar se kemua ayam yang kita ternak.

hal yang paling mudah dan murah untuk mencegah penyakit pada ayam yaitu cukup dengan di sinari dari sinar matahari pagi yang akan memberikan sistem metabolisme tubuh yang alami dan baik bagi ayam petelur. Selain itu juga bagian kandang yang terpapar sinar matahari akan membuatnya terbebas dari bibit-bibit penyakit seperti bakteri-bakteri yang akan mengancam kelangsungan hidup ayam ternak kita.

oleh sebab itu langkah awal yang tadi sudah di buat adalah agar kandang bisa terkena sinar matahari pagi. sebetulnya hal itu bisa di siasati dengan menggunakan atap trasparant agar cahaya matahari masuk ke dalam kandang, namun di sebagian tempat daerah ada yang mempunyai suhu diatas rata2 maka anda harus pintar dalam menganlisa suhu wilayah tempat ternak anda.

Itulah tadi informasi mengenai cara memelihara ayam petelur di rumah yang bisa dicoba untuk dijadikan peluang usaha. Semoga informasi diatas tadi bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda yang ingi memulai usaha beternak ayam petelur.

Sekian dan terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *