Ini 8 Cara Menjinakkan Burung Lovebird Paling Mudah

Ini 8 Cara Menjinakkan Burung Lovebird Paling Mudah

Memelihara burung lovebird memang menyenangkan. Selain memiliki warna yang cantik, lovebird juga memiliki suara kicauan yang enak didengar di telinga. Sayangnya, kicauan lovebird biasanya jarang muncul ketika mereka belum jinak dengan kamu sebagai perawatnya. Sehingga, butuh sedikit waktu dan kesabaran agar suara mereka sering terdengar.

Kalau lovebird peliharaan kamu masih dalam kondisi, sebaiknya cepat-cepatlah mencari tahu bagaimana cara menjinakkan burung lovebird dengan benar. Siapa tahu, mereka bisa menjadi teman hidup kamu selamanya, atau bisa juga dijual dengan harga yang super mahal.

8 Cara Menjinakkan Burung Lovebird Cepat dan Aman

Merawat burung lovebird tidak seperti merawat burung jenis lainnya. Spesies yang satu ini memang sedikit berbeda dalam hal perawatan dan menjinakkannya. Seorang pemula yang baru saja memiliki burung lovebird biasanya akan untuk menjinakkan mereka dengan cepat. Apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir, PintarPet sudah merangkum 8 tips menjinakkan burung lovebird dengan cepat dan aman dalam daftar berikut ini.

Jinakkan Lovebird Sedari Muda

Seperti yang dikutip dari mpsca angell, lovebird muda adalah burung cantik yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mempelajari trik dan menerima kasih sayang dari pemiliknya. Dari fakta tersebutlah, kamu harus sigap secepat mungkin untuk melakukan beberapa terapi berikut yang sudah PintarPet rangkum untuk membuat mereka jinak.

Meski burung lovebird muda lebih pintar dan mudah jinak, bukan berarti lovebird berumur dewasa tidak bisa dijinakkan. Kamu hanya butuh kesabaran yang lebih banyak dan porsi latihan yang lebih sering saja.

Usap Kepala Lovebird Sesering Mungkin

Lovebird merupakan burung yang bisa beradaptasi dengan bau dan suasana pemiliknya melalui usapan yang dilakukan di kepala secara rutin.

Usahakan usapan ini tidak terlalu kasar dan kamu tidak melakukan gerakan yang membuat mereka kaget secara tiba-tiba. Pada pertama kali, mungkin cara ini sedikit sulit karena lovebird peliharaan kamu belum terbiasa. Tapi, kamu harus tetap melakukannya setiap hari.

Beri Nama Lovebird Peliharaan Kamu

Layaknya hewan peliharaan lainnya, lovebird juga merupakan salah satu hewan yang gemar dan mudah dijinakkan bila mereka memiliki nama kesayangan yang diberikan oleh pemeliharanya.

Kalau kamu sering menjumpai kompetisi burung lovebird, pasti kamu akan melihat banyak pemandangan lovebird dipanggil dengan nama-nama yang unik.

Mandi Semprot dan Panggil Nama Mereka

Tingkat kemudahan jinaknya burung lovebird akan semakin mudah bila kamu rajin membuat badan mereka bersih dengan metode mandi semprot. Selain itu, mereka juga merupakan salah satu jenis hewan yang menyukai air.

Dari sekian banyak cara memandikan burung, semprot adalah metode terbaik untuk burung lovebird.

Kamu cukup menggunakan sprayer dengan pengaturan sedang (tidak terlalu kencang dan tidak terlalu berembun) sambil memanggil nama mereka berulang kali dengan sebutan yang sudah kamu beri sebelumnya.

Usapkan Ludah Kamu pada Paruhnya

Setelah kamu memandikan burung lovebird pada pagi hari, tahapan cara menjinakkan burung lovebird selanjutnya adalah mengusapkan ludah kamu tepat berada di paruh lovebird. Jadi, ludah kamu ini akan sebagai tanda bahwa kamu adalah majikan atau pemelihara mereka, dan mereka akan semakin paham ketika kamu sering memberikan ludah ini setiap pagi, terutama setelah mereka mandi.

Perlu diingat, ludah kamu tersebut tidak diberikan dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman yang mereka dapatkan. Kamu harus mengusapkannya secara langsung menggunakan ujung jari telunjuk kamu secara perlahan. Usahakan untuk tetap tidak membuat gerakan yang membuat mereka kaget.

Bawa ke Tempat Ramai Sesekali

Tidak ada burung jenis apapun yang mudah jinak tanpa dibawa ke tempat ramai manusia. Sama halnya seperti burung lovebird, mereka akan terbiasa dengan kedatangan manusia dan suara bising yang ditimbulkan oleh kendaraan sekitar.

Tanpa tempat yang ramai, burung lovebird akan tetap terus menerus curiga dengan kedatangan dan kehadiran seorang manusia meskipun kamu adalah pemiliknya.

Tempat yang ramai ini tidak harus selalu di pinggir jalan atau perkotaan. Yang penting, lingkungannya biasa digunakan oleh manusia untuk mondar-mandir jalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Tapi, jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang sulit dijangkau oleh manusia, ya! Jangan sampai ada orang yang tertarik dan mencurinya. Bila perlu, awasi mereka ketika berada di tempat ramai.

Beri Makan Langsung dari Tangan Kamu

Kamu ingat dengan artikel cara merawat burung lovebird yang sebelumnya sudah PintarPet bagikan? Di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa lovebird akan menjadi sangat pintar dan jinak pada kamu ketika kamu sering memberi makan tanpa wadah apapun, alias menggunakan jari tangan kamu.

Fakta ini memang benar bisa dijadikan sebagai cara menjinakkan burung lovebird terbaik hingga saat ini. Seperti yang dikutip dari Ezine Articles yang ditulis oleh pecinta burung lovebird, Omer Farooq, dia bisa menjinakkan lovebird peliharaannya dengan lebih mudah bila dia sering memberi mereka makan tanpa wadah apapun.

Lepas Burung Lovebird di Rumah Kamu dan Ajak Mereka Bermain

Last but not least, terapi yang satu ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Karena, sekarang ini saatnya kamu bermain dengan lovebird peliharaan kamu di luar sangkar yang biasa mereka jadikan rumah.

Perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama untuk melatih dan bermain dengan burung lovebird peliharaan kamu.

  • Taruh sangkar lovebird di dalam rumah, dan tutup semua pintu dan jendela yang bisa digunakan oleh burung kamu untuk kabur.
  • Lepas burung dari sangkarnya, dan biarkan dia terbang di dalam satu ruangan rumah kamu.
  • Jangan berisik, teriak, dan membuat gerakan yang membuat mereka kaget.
  • Bersiul dan panggillah nama burung lovebird kamu secara burung, “jono cantikkk, jonoo cantik,” misalnya seperti itu.
  • Ambillah makanan dalam satu genggaman tangan kamu sembari memanggil mereka.
  • Tetap sabar sampai mereka benar-benar nyaman dengan kehadiran kamu, ya! Sampai mereka mau mendekati dan memakan pakan yang telah kamu genggam tadi.
  • Gunakan satu tangan kamu untuk menjangkau dan mengusap kepala lovebird secara lembut.
  • Lakukanlah proses di atas secara berulang-ulang.
  • Jika mereka sudah mau makan dari tangan kamu. Sekarang saatnya ajari mereka untuk merambat ke badan kamu dengan memberi makan di sekitar badan kamu, terutama pundak dan pergelangan tangan.

Cara Menjinakkan Lovebird Liar Dewasa

Jika kamu sudah mengetahui cara menjinakkan lovebird yang kamu beli, beda halnya dengan cara menjinakkan lovebird liar yang memang berada di alam bebas yang kamu temukan.

Teknik untuk menjinakkan lovebird ini memang berbagai cara, hal ini bisa kamu lakukan asal kamu sabar dalam menjinakkan lovebird ini ya. Berikut adalah cara-caranya.

1.Terapi Lapar

Saat kamu menemukan lovebird liar, kamu bisa menggunakan terapi lapar untuk mencoba untuk menjinakkannya. Terapi ini bukan bermaksud untuk tidak memberi makan lovebird, namun lebih mengurangi makanan sehari-hari burung lovebird ini.

Jika biasanya kamu memberikan makanan lovebird dua sendok makan, maka kamu kali ini cukup dengan satu sendok makan saja.

Intinya, porsi makan bisa kamu kurangi setengah dari porsi yang biasanya diberikan. Tujuannya sih supaya lovebird menjadi lapar di keesokan harinya dan ketika kita memberi makan secara psikologis mereka akan membutuhkan kita.

2. Pemberian Makan dengan Tangan

Nah, setelah takaran makanan dikurangi, kamu harus membiasakan memberi makan lovebird dengan menggunakan tangan. Proses ini harus dilakukan secara rutin setiap harinya sampai burung lovebird sudah mulai jinak.

Memberi makan lovebird secara rutin dengan intensitas yang cukup sering akan membantumu mempercepat proses penjinakan. Jangan sampai selama proses penjinakan ini kamu tidak memberi makan lovebird dengan tanganmu ya.

Hal ini bisa jadi membuat proses penjinakan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Lakukan proses ini sampai-sampai lovebird sudah mulai jinak.

3. Jangan Takut Dipatuk oleh Lovebird

Nah, ini sebenarnya adalah proses pemahaman yang dasar. Apabila kamu yakin kamu tidak akan dipatuk oleh lovebird, maka keyakinan itu juga akan muncul pada dirinya yang menganggap kamu bukanlah sebagai predator.

Agar proses ini berjalan lancar, kamu bisa mencoba menaruh jarimu di depan paruhnya untuk mengetes apakah dia mematuk jarimu.

Jika ia mematuk, rasakan patukannya untuk mengetahui seberapa keras. Biasanya patukannya hanya membuat kamu kaget saja.

Ya, seperti itulah cara menjinakkan burung lovebird dengan 8 langkah mudah dan aman. Pastikan, tidak ada tahapan yang kamu lewati, ya! Meskipun sulit, hasilnya akan menyenangkan bila kamu sabar dan rutin melatih mereka, kok!

Selamat bersenang-senang dengan burung lovebird kesayangan kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *