Jenis Pakan Burung Kicau yang Penting untuk Anda Ketahui

Jenis Pakan Burung Kicau yang Penting untuk Anda Ketahui

Jenis pakan burung kicau terbaik penting diketahui oleh kicau mania. Hal itu dikarenakan masih banyak kicau mania yang berpatokan pada harga murah namun berkualitas. Mengingat pakan ini adalah kebutuhan pokok maka tidak mengherankan jika banyak yang berusaha menekan biaya pengeluaran dengan memberikan pakan yang murah. Padahal harga ini akan sebanding dengan kualitasnya. Sebenarnya harga ini tidak dijadikan sebagai patokan utama namun ada baiknya jika pakan yang dipilih itu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi burung Anda. Pakan A yang cocok untuk burung kicau tetangga belum tentu cocok diberikan kepada burung kicau Anda sehingga pemilihan pakan ini harus benar-benar tepat dan selektif. Ada tiga jenis pakan yang bisa Anda berikan ke burung kicau seperti berikut ini:

Voer

Voer menjadi makanan pertama yang bisa Anda berikan. Biasanya voer ini menjadi makanan kemasan tinggi protein. Selain membuat burung tumbuh dan berkembang secara maksimal, voer burung ini juga akan membuat kicaunya menjadi lebih nyaring. Sebelum membeli dalam jumlah yang besar akan lebih baik jika Anda ini membeli sampelnya terlebih dahulu apakah burung kicau peliharaan Anda tersebut lahap saat memakannya dan tidak mengalami masalah dengan pencernaannya. Jika kotoran burung berair dan lebih bau dibandingkan sebelumnya maka bisa dipastikan jika pakan burung tersebut tidak cocok untuk burung tersebut.

Vor yang terbaik juga memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang tinggi dimana nutrisi ini bisa menjaga kondisi tubuh burung tetap sehat dan prima saat ditandingkan. Antioksidan juga bermanfaat untuk membuat tubuh burung kicau terlindung dari radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan metabolisme maupun menyebabkan kerusakan organ.

Biji-bijian

Pakan yang bisa diberikan ke burung kicau Anda selanjutnya adalah jenis biji-bijian.  Burung berkicau ini membutuhkan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan serat yang ada di dalam tubuhnya. Untuk memberikan pakan biji-bijian Anda harus memberikan biji yang kondisinya bagus dan bersih. Caranya pun mudah yaitu Anda merendam biji-bijian tersebut selama semalaman, kemudian berikan ke burung yang biji terendam.  Biji yang mengambang tidak bagus diberikan ke burung karena kondisinya sudah tidak bagus lagi. Jika tetap diberikan ke burung akan menyebabkan suara burung kicau menjadi serak dan volumenya hilang.

Hindari Pakan Bau Heisen

Selain beberapa jenis pakan di atas, Anda juga harus menghindari pakan yang berbau Heisen. Yang dimaksud Heisen adalah cairan kimia yang mana baunya dibuat seperti buah apel, nangka, atau mentimun. Hal ini akan sangat berbahaya karena jika sampai burung mengonsumsinya akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius dan gangguan pada suaranya.  Saat ini bahan tersebut sering ditambahkan pada pakan burung skala rumahan. Tujuannya untuk menciptakan pakan yang menarik dari tampilan luarnya padahal kandungannya sangat berbahaya bagi burung kicau.

Jangan tergiur dengan harga murah, karena yang murah belum bagus untuk burung kicau Anda. Semoga informasi tentang jenis pakan burung kicau yang disebutkan di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *